Selasa, 04 Juni 2013

Analisis semiotika pada iklan


Analisis semiotik Roland Barthes

Pada analisi semiotik Barthes, yang akan dianalisis adalah dengan cara melihat konotasi apa yang bisa diungkap dalam iklan Downy tersebut. Pada sistem primer, yang menjadi E1 (Expression ) dan  C1-nya (Content ) adalah gambar iklan Downy tersebut yaitu gambar seorang bayi perempuan sedang tersenyum sambil memeluk selimut, dia berambut pirang terbelah dua, memakai baju putih ke-merah mudaan, Di belakangnya tampak langit berawan tapi cerah. kemudian, di bawahnya terdapat bunga-bunga yang sedang mekar berwarna merah muda (fink) tubuh anak tersebut dililit warna merah muda seperti sebuah selendang dan ditengah-tengahnya terdapat tulisan Downy SUNRISE FRESH serta tulisan Pelembut & Pewangi//Pakaian Konsentrat tepat berada di bawahnya.

                  Sekarang analisis pada sistem sekunder atau konotasi. Seperti telah dikemukakan, pada sistem sekunder atau konotasi C-nya berkembang menjadi C baru atau C2 dan yang menjadi fokus adalah bahasa di iklan tersebut. Di iklan tersebut ada kalimat pernyataan SUNRISE FRESH,Gambar seorang bayi Perempuan dan bunga-bunga berwarna pink. Dengan demikian, konotasi dalam iklan itu adalah, dalam tafsiran penulis, orang yang menggunakan Downy akan mendapatkan kesegaran pada pakaiannya seperti kesegaran embun pagi (pagi hari) dengan kelembutan bak bunga-bunga dan sentuhan perempuan

1 komentar:

  1. haha maaf gan tulisannya ada yang salah tuh seperti kata fink harusnya pink...dll

    BalasHapus