Nama : Iip Pirdaus
Nim : 2222100094
Kelas : VB
Ø Bahan Ajar Untuk Siswa Kelas IX
KOMPETENSI
DASAR :
Menyimpulkan Pesan Pidato Atau Ceramah Atau Khotbah Yang
Didengar siswa.
INDIKATOR
:
1 . Menemukan hal-hal pokok dalam Pidato,Ceramah atau
Khotbah
2 . Menyimpulkan pesan Pidato,Ceramah/Khotbah.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
1 . Peserta didik dapat menemukan dan menuliskan pesan
tersurat maupun
tersirat dalam
pidato,ceramah atau khotbah
2 . Peserta didik dapat memahami pokok pembahasan
pidato,ceramah atau
khotbah yang didengar.
Uraian Materi :
A. Pengertian
pidato
Pidato adalah
papan lisan yang disampaikan seorang pembicara sehubungan dengan status
sosialnya.Misalnya, pidato ketua OSIS dalam perayaan ulang tahun sekolah dan
pidato Kepala Sekolah pada saatupacara bendera. Mengapa pidato seseorang ada
kalanya sangat menarik untuk disimak?
Pidato akan menarik jika :
1) Topik
yang dibahas aktual dan kontekstual
2) Topik
dibahas dengan lengkap dan jelas
3) Pembicara tidak hanya mengemukakan keluhan dan masalah,
tetapi juga solusi
4) Pembicara memiliki humor untuk mempertahankan
perhatian pendengar
5) Pembicara menggunakan bahasa yang komunikatif
6) Pidato disampaikan dengan gaya penyampaian dan ekspresi yang menarik.
B. Tujuan Pidato
Pidato umumnya melakukan satu atau
beberapa hal berikut ini :
1. Mempengaruhi orang lain agar mau
mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
2. Memberi suatu pemahaman atau
informasi pada orang lain.
3. Membuat orang lain senang dengan
pidato yang menghibur sehingga orang lain
senang dan puas dengan ucapan yang kita
sampaikan.
C. Jenis-Jenis / Macam-Macam / Sifat-Sifat Pidato
Berdasarkan pada sifat dari isi
pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
1. Pidato Pembukaan, adalah pidato
singkat yang dibawakan oleh pembaca acara
2. Pidato pengarahan adalah pdato
untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
3. Pidato Sambutan, yaitu merupakan
pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang
dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
4. Pidato Peresmian, adalah pidato
yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
5. Pidato Laporan, yakni pidato
yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
6. Pidato Pertanggungjawaban,
adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.
D. Metode Pidato
Teknik atau metode dalam membawakan
suatu pidatu di depan umum :
1. Metode menghapal, yaitu membuat
suatu rencana pidato lalu menghapalkannya kata per kata.
2. Metode serta merta, yakni
membawakan pidato tanpa persiapan dan hanya mengandalkan pengalaman dan
wawasan. Biasanya dalam keadaan darurat tak terduga banyak menggunakan tehnik
serta merta.
3. Metode naskah, yaitu berpidato
dengan menggunakan naskah yang telah dibuat sebelumnya dan umumnya dipakai pada
pidato-pidato resmi.
E. Persiapan Pidato
Sebelum memberikan pidato di depan
umum, ada baiknya untuk melakukan persiapan berikut ini :
1. Wawasan pendengar pidato secara
umum
2. Mengetahui lama waktu atau
durasi pidato yang akan dibawakan
3. Menyusun kata-kata yang mudah
dipahami dan dimengerti.
4. Mengetahui jenis pidato dan tema
acara.
5. Menyiapkan bahan-bahan dan
perlengkapan pidato, dsb.
F. Kerangka Susunan Pidato
Skema susunan suatu pidato yang
baik :
1. Pembukaan dengan salam pembuka
2. Pendahuluan yang sedikit
menggambarkan isi
3. Isi atau materi pidato secara
sistematis : maksud, tujuan, sasaran, rencana, langkah,dll
4. Penutup (kesimpulan, harapan,
pesan, salam penutup, dll)
Hal-hal yang
disampaikan pembicara dalam pidato dapat berupa informasi, himbauan,
harapan, ajakan, petunjuk, pujian, penghargaan, larangan atau
perintah.Kegiatan mendengarkan sangat fungsional dalam kehidupan sehari-hari.
Contohnya, di sekolah ketika mendengarkan guru sedang menerangkan pelajaran,
dirumah ketika mendengarkan pidato atauceramah melalui radio atau televisi,
atau di pasar mendengarkan tukang obat sedang mempromosikanobat. Dengan daya
simak yang baik dan konsentrasi yang terpusat, seseorang akan lebih cepat dan
efektif memahami maksud yang disampaikan pembicara. Sebagai latihan
pertama dalam pembelajaran kali ini,kamu akan berlatih mendengarkan pidato yang
dibacakan oleh salah seorang temanmu.
Contoh Materi:
Bacalah
teks pidato berikut!
Selamat pagi,
Adik-adikku yang kakak sayangi, saya sebagai Ketua OSIS
SMP N 2 Bukittinggi, mewakili kakak-kakak kalian, mengucapkan selamat datang di
sekolah kami. Kini, Adik-adik telah menjadi bagian darisekolah kami sebagai
murid yang akan bersama-sama giat mencari ilmu demi meraih cita-cita.
Selain itu tentunya dengan ilmu itu, Adik-adik ingin
mengembangkan diri Adik-adik, disini telah dibentuk berbagai macam
kegiatan ekstrakurikuler yang dapat Adik-adik pilih. Nanti kakak-kakak kalian
akanmemperkenalkan kegiatan-kegiatan tersebut. Dalam kegiatan-kegiatan itu,
Adik-adik dapat mengembangkandiri sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki.
Bahkan, Adik-adik dapat memulai kegiatan yang sama sekali baru bagi
Adik-adik.Adik-adik yang berbahagia, kita sudah menginjak usia remaja. Dalam
masa usia itu, kita selalu ingintahu dan mencoba-coba banyak hal baru. Masa
remaja adalah masa bangkitnya akal (rasio), nalar, dan kesadarandiri. Tidak
heran kalau kita menjadi banyak bertanya, mengapa harus begini dan mengapa
harus begitu? Bahkankita sering bingung untuk mengikuti arus yang mana. Memilih
ikut arus yang ini takut salah, memilih ikut arusyang itu takut tidak
mampu. Nah, begitu pun nantinya saat memilih kegiatan ekstrakurikuler,
mungkin di antara kalian akan adayang bingung. Pandai-pandailah memilih
mana-mana yang positif bagi pengembangan diri Adik-adik.Pertimbangkan baik-baik
karena terkadang pandangan orang sering berbeda-beda. Di sinilah perlunya
pendapatorang tua dan lingkungan kita. Ada
beberapa hal yang harus Adik-adik camkan, yaitu (1) pastikan dahulu kegiatan
yang akan kita lakukan itu adalah atas keinginan kita sendiri dan bukan
keinginan siapa-siapa; (2) cari tahu untung rugi kalau kita melakukannya.
Adik-adik dapat mencari tahu dari orang-orang yang sudahmelakukannya atau dari
sumber lainnya; (3) lakukan kegiatan yang telah kalian pilih tersebut dengan
sungguh-sungguh; (4) cari tahu kegiatan baru yang sesuai dengan yang kita
inginkan dan sesuai dengan kemampuankita; (5) tidak perlu mencoba-coba kegiatan
yang menurut kita tidak perlu dan tidak ada manfaatnya.Adik-adik yang berbahagia,
itulah pesan dari saya. Marilah kita manfaatkan waktu kita untuk melakukan
kegiatan-kegiatan positif karena kalau bukan sekarang, kapan lagi?Baiklah
Adik-adik, saya ucapkan selamat mengikuti berbagai macam kegiatan di SMP N 2
Bukittinggi.
Sumber
: disederhanakan dari Ayo Belajar Pidato, 2010
Hal-hal yang penting yang terdapat di dalam pidato
tersebut adalah sebagai berikut :
1. Siswa baru dapat mengembangkan bakatnya dengan
mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler.
2. Kita harus pandai memilih kegiatan ekstrakurikuler
yang sesuai dan positif.
3. Pastikan dahulu kegiatan yang akan kita lakukan itu
adalah atas keinginan kita sendiri
dan bukankeinginan siapapun.
4. Cari tahu untung rugi kalau kita mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler tersebut.
5. Pilihlah kegiatan yang sesuai dengan kemampuan kita.
6. Lakukan kegiatan yang telah kita pilih tersebut dengan
sungguh-sungguh.
7. Jangan mencoba kegiatan yang menurut kita tidak perlu
dan tidak ada manfaatnya.
Kesimpulan pesan pidato
tersebut adalah bahwa siswa baru dapat mengembangkan bakat denganmengikuti
ekstrakurikuler. Akan tetapi, kita harus pandai-pandai memilih kegiatan yang
sesuai dengan bakatdan kemampuan. Selain itu, kita juga harus memilih kegiatan
ekstrakurikuler yang positif dan menguntungkan.Setelah menentukan pilihan,
lakukan kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh.Dengarkanlah pidato berikut
yang akan disampaikan oleh salah seorangtemanmu. Pidato tersebut merupakan
pidato Ketua OSIS dalam menerimarombongan tamu dari sekolah lain.
Tugas
individu
Dengarkanlah pidato berikut yang akan disampaikan oleh
salah seorang temanmu. Pidato tersebut merupakan pidato dan atau ceramah
seorang ustadz dalam acara menyambut bulan suci ramadhan. Setelah selesai,
kerjakan soal-soal yang tersedia!
Menyambut Bulan Puasa
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puja dan puji
syukur mari kita panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat
dan nikmat-Nya kepada kita semua sehingga kita masih berkesempatan untuk
menunaikan salah satu kewajiban kita sebagai kaum Muslimin, yakni menjalankan
ibadah Puasa di bulan suci Ramadhan. Sholawat serta salam mudah-mudahan tetap
tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad, SAW. yang telah
memberikan petunjuk kepada kita sehingga kita berada pada jalan yang di Ridhoi.
Alhamdulillah
kita masih bisa menjalankan ibadah Puasa sebagai salah satu dari rukun Islam.
Ramadhan adalah bulan yang penuh nikmat dan berkah. Di bulan yang suci ini
Allah AWT. memberikan kemurahan yang tak terhingga kepada kita berupa ampunan
serta pensucian diri dari dosa-dosa yang telah kita perbuat. Mari kita jadikan
bulan Ramadhan ini sebagai bulan dimana kita kian mendekat kepada Allah dan
menjadi hamba-Nya yang sholeh dan sholihah.
Puasa
mengajarkan kita untuk memahami akan banyak hal sebagai makhluk yang diciptakan
oleh Allah. Dengan menahan lapar sepanjang hari kita akhirnya dapat mawas diri
bahwa semua sajian makanan yang kita konsumsi setiap hari tidak lain adalah
rizki yang diberikan oleh Allah SWT. terhadap kita. Tanpa kemurahan-Nya kita
tidak akan bisa memakan dan meminum apa pun. Dengan menahan lapar, Allah
membuka mata hati kita bahwa sesungguhnya masih banyak orang lain yang
membutuhkan pertolongan kita. Para fakir
miskin harus menjadi perhatian kita selaku umat yang bertaqwa. Berikan sedekah
kepada mereka sebagai hak yang telah diberikan oleh Allah kepada mereka melalui
kita.
Mari kita
senantiasa mengingat akan perintah serta larangan Allah SWT. Mari kita
meningkatkan nilai keimanan kita dengan terus melakukan ibadah dan menjauhi
segala larangan-Nya. Bulan puasa adalah bulan yang agung, mari mensucikan tubuh
dan fikiran kita agar kelak kita mendapatkan Syurga Allah.. Amin.
Demikian yang
dapat saya sampaikan, semoga apa yang telah saya sampaikan dapat memberikan
manfaat serta hidayah khususnya buat saya pribadi dan para hadirin sekalian.
Semoga Allah SWT. senantiasa memberikan kita ampunan dan senantiasa menempatkan
kita pada jalan yang di ridhoi-Nya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Kerjakanlah soal berikut ini:
1. Tuliskanlah hal-hal penting yang terdapat dalam pidato
tersebut.
2. Tulislah kesimpulan pesan pidato yang kamu dengarkan
tersebut.
3. Setelah selesai, laporkan pekerjaanmu di depan kelas
secara bergiliran.
5. Berilah kesempatan kepada teman-temanmu untuk
menanggapi pekerjaanmun
Tugas kelompok :X Semester 2
Kerjakan intruksi dan soal-soal berikut ini :
1. Bergabunglah bersama teman-temanmu. Kemudian, carilah kaset atau rekaman yang
berisikan pidato, ceramah atau khotbah.
2. Putarlah kaset atau rekaman tersebut bersama
teman-teman sekelompokmu
3. Tulislah hal-hal penting dan kesimpulan dari rekaman
pidato atau ceramah tersebut.
Sesuai dengan
acara yang kami lampirkan dalam undangan kami, pagi ini akan
menyelenggarakan pertandingan dua cabang olahraga, yaitu sepakbola dan
basket. Sepak bola hanya akan dilaksanakan siswa putra, sedangkan basket
putra dan putri. Semuanya dilaksanakan di dalam kompleks sekolah kami.Tujuan
untuk mempererat persatuan. Kalau kita hubungkan dengan isu disintegrasi, tentu
kegiatan inisangat bermanfaat. Jika sekolah-sekolah lain juga melaksanakan
kegiatan seperti yang kita lakukan ini, persatuan bangsa akan semakin
kokoh hingga isu disintegrasi tidak perlu kita khawatirkan.Sekian dan selamat
bertanding.
Sumber:
Adaptasi dari Majalah Aneka Ilmu, 2010
Kerjakanlah soal berikut ini !:
1. Tuliskanlah hal-hal penting yang terdapat dalam pidato
tersebut.
2. Tulislah kesimpulan pesan pidato yang kamu dengarkan
tersebut.
3. Setelah selesai, laporkan pekerjaanmu di depan kelas
secara bergiliran. Berilah
kesempatan kepada teman-temanmu untuk
menanggapi pekerjaanmu!
Ø Formatnya :
Laporan Mendengarkan
Pidato/Ceramah/Khotbah
Nama kelompok : ………………………………………………………....
Anggota kelompok :……………………………………………………….
Sumber :……………………………………………………………………
Topik yng dibahas :………………………………………………………..
Inti pidato / ceramah :……………………………………………………...
Hal-hal penting :…………………………………………………………...
Kesimpulan :………………………………………………………………
|
4. Laporkan hasil kegiatan diskusi kelompokmu di depan kelas secara
bergiliran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar